Ini Dia Cara Cerdas Proteksi Data Pribadi

News Posted by: Dymar on 10/06/2019 15:24

Jakarta

Akhir-akhir ini di Indonesia kembali marak berita tentang perlindungan data pribadi bersamaan dengan makin banyaknya kasus penyalahgunaan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini tentunya menimbulkan keresahan di masyarakat, sehingga pemerintah mulai mengambil langkah serius untuk segera mengesahkan Undang-Undang perlindungan data pribadi.

Tidak bisa dipungkiri banyak data pribadi masyarakat terkumpul pada layanan digital. Oleh sebab itu, penyedia layanan digital perlu melek untuk tahu bagaimana cara melakukan perlindungan data yang benar.

Banyak usaha yang  bisa dilakukan suatu perusahaan untuk melindungi data pribadi. Contohnya dengan training kesadaran akan pentingnya perlindungan data pribadi, menetapkan peraturan perusahaan, sampai memperkuat sistem IT.

Enkripsi. Teknologi Keamanan Data yang Efektif.

Enkripsi sendiri merupakan ilmu kriptografi yang bertujuan untuk melakukan pengacakan data yang dianggap rahasia. Apabila pihak yang tidak berwenang mencurinya, maka data yang didapatnya hanyalah berupa informasi yang tidak memiliki arti. Teknologi ini telah dipraktikan sejak zaman kuno walaupun dengan cara-cara yang masih sederhana.

Pada era digitalisasi seperti sekarang ini enkripsi dilakukan menggunakan mesin khusus. Di Indonesia sendiri, perbankan adalah salah satu industri yang paling banyak menggunakan teknologi enkripsi. Salah satu contohnya digunakan untuk mengamankan PIN nasabah.

Dalam mengamankan data, keamanan data berkolaborasi dengan keamanan jaringan. Tidak seperti pada keamanan jaringan, keamanan data seperti enkripsi bersifat “Data Sentris”, artinya melindungi langsung terhadap datanya. Jadi, seandainya pertahanan jaringan dapat ditembus hacker, datanya sendiri masih dalam kondisi aman karena terenkripsi. Itulah sebabnya enkripsi menjadi teknologi yang penting dan efektif dalam rangka pengamanan data digital.

Teknologi enkripsi juga direkomendasikan oleh Kominfo untuk mengamankan data digital. Hal ini bisa terlihat dari Peraturan Menteri Nomor 20 Tahun 2016 pasal 15 ayat 2. Dimana Peraturan ini mengatur tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik. Disitu tertulis, “Data  Pribadi  yang  disimpan  dalam  Sistem  Elektronik harus dalam bentuk data terenkripsi.”

Dymar. Solusi Keamanan Data.

Saat ini sebenarnya cukup banyak perusahaan-perusahaan yang sudah aware untuk mengamankan datanya. Namun banyak dari mereka yang masih takut untuk menggunakan enkripsi. Sebagian dari mereka belum melakukannya karena masih merasa asing terhadap teknologi enkripsi ataupun masih takut apabila dikemudian hari data mereka tidak dapat dibaca setelah dienkripsi.

“Inilah salah satu hal yang menjadi latar belakang kami mengapa kami ingin memberikan edukasi kepada perusahaan-perusahaan mengenai pentingnya enkripsi sekaligus solusinya. Kami juga ingin menyampaikan, implementasi enkripsi terhadap aset perusahaan adalah hal yang aman dan tidak perlu ditakutkan apabila direncanakan dan didesain dengan benar serta dilakukan oleh profesional”, jelas Mudito, Product Manager dari PT Dymar Jaya Indonesia.

PT Dymar Jaya Indonesia, atau dikenal dengan nama Dymar merupakan perusahaan yang fokus di bidang solusi keamanan data dan lebih dari 25 tahun berkecimpung di dunia keamanan data. Sampai saat ini, Dymar telah membantu implementasi enkripsi di lebih dari 130 perusahaan di Indonesia. Diantaranya, Dymar bersinergi dengan sistem integrator ataupun developer software. Selaras dengan visi mereka yaitu menjadi Trusted Partner in Data Security Solution.

(map)

  • Share this